Sejarah Chevrolet Trooper Indonesia

Sobat Jipmania, Chevrolet Trooper merupakan mobil dengan jenis Sport Utility Vehicle (SUV) yang pertama kali di Indonesia, mobil ini diproduksi oleh pabrikan Isuzu yang kemudian di Rebadge oleh Chevrolet, namun karena saat itu Isuzu berada dibawah naungan GM (General Motors) Amerika, maka Trooper juga di rebadge oleh merk-merk lain dibawah GM, seperti Isuzu Rodeo Bighorn, Isuzu Carribie (Amerika Latin), Chevrolet Trooper (Indonesia) , Holden Jackaroo (Australia & Selandia Baru), SSang Yong/Korando (Korea Selatan) dan  Subaru Trooper (Jepang).

Chevrolet Trooper diproduksi mulai tahun 1981 sampai 2005. Chevrolet Trooper memiliki 3 generasi mobil yakni generasi I antara tahun 1981 sampai 1991, generasi II tahun 1992 sampai 1997 dan generasi III yang dikeluarkan tahun 1998 sampai 2005. Chevrolet Trooper yang beredar di indonesia secara luas adalah generasi satu dan dua, sedangkan generasi 3 chevrolet sudah digantikan oleh Blazer.

Chevrolet Trooper generasi pertama diluncurkan tahun 1981 dengan pilihan 3 atau 5 pintu,  dengan gardan belakang solid axle serta sistem suspensi depan yang independent. Bagian depannya khas menggunakan sepasang lampu bulat dan grill dengan garis vertikal.  bumper depan menggunakan besi kotak dan plastik dikanan kirinya.

Pada zaman itu Cheevrolet Trooper mempunyai tagline “Tangguh Bagaikan Truk, Nyaman Bagaikan Sedan” hal ini bukan hanya isapan jempol belaka, karena Trooper sudah menggunakan Suspensi depan independent yang nyaman, selain itu jok juga besar dan empuk..

Mesin chevrolet Trooper generasi pertama menggunakan mesin  diesel ber kapasitas silinder mesin 2000 cc , sangat kurang bertenaga untuk bobot kendaraan kosong yang cukup berat, sekitar 1.7 ton. Baru pada tahun 1986 diupdate dengan menggunakan mesin tipe C233 dengan kapasitas silinder 2300 cc. Transmisi Chevrolet Trooper tahun 1981 sampai 1991 masih menggunakan transmisi manual 5 kecepatan dengan penggerak roda 4×4 atau 4WD.

Pada tahun 1991. ISUZU mendesain ulang bentuk body Trooper dan mulai diperkenalkan di Jepang dengan ukuran yang lebih besar dari generasi pertama  Generasi kedua ini menggunakan mesin bensin berkapasitas 3.2L Single Overhad Cam (SOHC) berkekuatan 172 dk, serta tipe Dual Overhead Cam (DOHC) berkekuatan 190 dk. Sedangkan untuk varian Diesel pasar Indonesia Masih Menggunakan Diesel C233 bertenaga 58 Hp dan torsi 126 nm . sistem penggerak mobil juga tersedia dalam 2 pilihan yakni 4×2 atau 4×4.

Pada tahun ini teknologi mobil Chevrolet Trooper telah diperbarui dengan membenamkan berbagai fitur mewah pada interior chevrolet trooper,  seperti  power window, central lock, AC dan indikator-indikator lainnya seperti tachometer, clinometer, altimeter, sampai thermometer. Selain itu ada juga tambahan jam digital Quartz konsol tengahnya yang menambah kesan  mewah dan canggih. Chevrolet Trooper Generasi kedua ini kemudian dipasarkan 1992 hingga 1997.

 

 

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s