
Setelah sukses dengan Suzuki Jimny SJ410, pada tahun 1984 Suzuki kemudian meluncurkan Jimny SJ413 Samurai dengan beberapa update yang cukup signifikan , meskipun secara bentuk terlihat sama, tetapi kalau diperhatikan secara detail terdapat cukup banyak perubahan mulai dari mesin, sistem pengereman, suspensi, dimensi kendaraan bahkan hingga desain interior .

Mesin
Suzuki SJ413 Samurai dibekali dengan mesin baru berkode G13B, dengan konfigurasi 4 silinder inline, bahan blok mesin ini sudah memakai alumunium.. kapasitas mesin G13B adalah 1300 cc, naik 300cc dari mesin F10A yang hanya berkapasitas 1000cc, dengan bore 74mm dan stroke 75.5mm bisa dibilang mesin ini adalah overstroke.
Keluarga Mesin G13B terbagi dalam beberapa generasi, G13BA merupakan generasi awal yang masih mengandalkan karburator sebagai pengabut bahan bakar, dan konfigurasi SOHC dengan 8 valve, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 64 hp@6000 rpm dan torsi maksimal 102 nm @3500 rpm .. versi selanjutnya sudah mendapat injeksi Single Point bertenaga 66 hp..
Engine: four-stroke, four-cylinder, 1298cc G13BA SOHC
Max. power: 64HP@6000rpm
Max.torque: 10.2kgm@3500rpm
Fuel distribution: carburetor
Generasi kedua mesin G13B, mempunyai kode G13BB , mesin ini sudah menggunakan injeksi multi point, SOHC dengan 16 valve.. perubahan ini cukup signifikan sehingga mampu menghasilkan tenaga maksimal 80 hp@6000 rpm, dan torsi maksimal 103nm @3500 rpm..
Engine: four-stroke, four-cylinder, 1298cc G13BB SOHC
Max. power: 80HP@6000rpm
Max.torque: 103 kgm@3500rpm
Fuel distribution: Injection
SJ413 Samurai Diesel
Selain bermesin bensin, ada juga SJ413 yang menggunakan mesin diesel, SJ413 Samurai diesel hanya di produksi di Eropa oleh Santana Motor (Spanyol) .. Diesel SJ413 menggunakan mesin dari Peugeot-Citroen, berkode X9UD, berkapasitas 1900 cc yang dilengkapi dengan Turbo Intercooler, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 63 hp dan torsi 135 nm .. Jimny Samurai bermesin diesel diproduksi dalam kurun waktu 1998 – 2003 ..
Engine: Diesel, four-cylinder, 1900cc X9UD SD
Max. power: 63HP
Max.torque: 135nm
Fuel distribution: Diesel Indiect Injection + Turbo
Tenaga dari mesin kemudian disalurkan via Transmisi manual 5 percepatan.. untuk SJ80 JDM tersedia versi matic ..
INTERIOR DAN EKSTERIOR

Dibandingkan dengan SJ410, SJ413 Samurai mendapat perubahan Interior yang cukup banyak, mencakup desain dashboard dan desain jok penumpang.. SJ 413 juga sudah dilengkapi dengan Tachometer sehingga lebih mudah memprediksi putaran mesin. di sektor eksterior SJ413 mendapatkan desain gril baru dan fender yang lebih lebar ..
PENGEREMAN
SJ413 Samurai sudah mengaplikasikan disc brake pada roda depan, sedangkan belakang masih menggunakan rem teromol, boster rem juga sudah tersedia sebagai standar, hal ini tentunya menambah kepakeman rem.. kalau di generasi sebelumnya SJ410 pasti sudah pada tahu kalau remnya senin kamis hahaha..

Tipe Tipe SJ413 Samurai
Sierra JX – standard
2 speaker stereo
intermittent wipers
radio cassete
tachometer
trim-velour(hardtop)Sierra Surf – softtop only
Chrome wheels
Body colour bumpers
Nudge bar – frontSierra Trax – softtop and hardtop
Alloy wheels
Front fog lamps
Nudge bar-front

Meskipun Generasi terbaru Jimny 32 sudah diluncurkan, tetapi produksi Jimny SJ413/Samurai masih dilanjutkan di negara negara lain, bahkan kadang di beberapa negara di rebadge menggunakan merk lain, seperti Chevrolet Samurai (Amerika Latin), Maruty Gypsy (India),dan Holden Drover (Australia) ..




