Sejarah Suzuki Jimny Part VI : Jimny SJ 413/SJ80 Samurai

Sukses dengan SJ410, pada tahun 1984 Suzuki  meluncurkan Jimny SJ413 Samurai dengan update yang cukup signifikan , meskipun secara bentuk terlihat sama, tetapi kalau diperhatikan secara detail ternyata perubahan cukup  banyak  mulai dari mesin, sistem pengereman, suspensi, dimensi kendaraan bahkan hingga desain interior ..

Mesin
Suzuki SJ413 Samurai dibekali dengan mesin baru berkode G13B, mesin ini mempunyai 4 silinder inline, dengan bahan blok sudah memakai alumunium.. kapasitas mesin G13B adalah 1300 cc, naik 300cc dari mesin F10A yang hanya berkapasitas 1000cc, dengan  bore 74mm  dan stroke 75.5mm bisa dibilang mesin ini adalah overstroke.. Mesin G13B terbagi dalam beberapa generasi, G13BA generasi awal  masih mengandalkan karburator sebagai pengabut bahan bakar, SOHC dengan 8 valve .. mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 64 hp@6000 rpm dan torsi maksimal 102 nm @3500 rpm .. versi selanjutnya sudah mendapat injeksi Single Point bertenaga 66 hp..

Engine: four-stroke, four-cylinder, 1298cc G13BA SOHC
Max. power: 64HP@6000rpm
Max.torque: 10.2kgm@3500rpm
Fuel distribution: carburetor

Generasi kedua mesin G13B, mempunyai kode G13BB , mesin ini sudah menggunakan injeksi multi point,  SOHC dengan 16 valve.. perubahan ini cukup signifikan sehingga mampu menghasilkan tenaga maksimal 80 hp@6000 rpm, dan torsi maksimal 103nm @3500 rpm..

Engine: four-stroke, four-cylinder, 1298cc G13BB SOHC
Max. power: 80HP@6000rpm
Max.torque: 103 kgm@3500rpm
Fuel distribution: Injection

SJ413 Samurai Diesel 
Selain bermesin bensin, ada juga SJ413 yang menggunakan mesin diesel, SJ413 Samurai diesel hanya di produksi di Eropa oleh Santana Motor (Spanyol) ..  Diesel SJ413 menggunakan mesin dari Peugeot-Citroen, berkode X9UD, berkapasitas 1900 cc yang dilengkapi dengan Turbo Intercooler, mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 63 hp dan torsi 135 nm .. Jimny Samurai bermesin diesel diproduksi dalam kurun waktu  1998 – 2003 ..

Engine: Diesel, four-cylinder, 1900cc X9UD SD
Max. power: 63HP
Max.torque: 135nm
Fuel distribution: Diesel Indiect Injection + Turbo

Tenaga dari mesin kemudian disalurkan via Transmisi manual 5 percepatan.. untuk SJ80 JDM tersedia versi matic ..

INTERIOR DAN EKSTERIOR

Dibandingkan dengan SJ410, SJ413 Samurai mendapat perubahan Interior yang cukup banyak, mencakup desain dashboard dan desain jok penumpang.. SJ 413 juga sudah dilengkapi dengan Tachometer sehingga lebih mudah memprediksi putaran mesin. di sektor eksterior SJ413 mendapatkan desain gril baru dan fender yang lebih lebar ..

PENGEREMAN

SJ413 Samurai sudah mengaplikasikan disc brake pada roda depan, sedangkan belakang masih menggunakan rem teromol, boster rem juga sudah tersedia sebagai standar, hal ini tentunya menambah kepakeman rem.. kalau di generasi sebelumnya SJ410 pasti sudah pada tahu kalau remnya senin kamis hahaha..

Tipe Tipe SJ413 Samurai
Sierra JX – standard
2 speaker stereo
intermittent wipers
radio cassete
tachometer
trim-velour(hardtop)
Sierra Surf – softtop only
Chrome wheels
Body colour bumpers
Nudge bar – front
Sierra Trax – softtop and hardtop
Alloy wheels
Front fog lamps
Nudge bar-front

Meskipun Generasi terbaru Jimny 32 sudah diluncurkan, tetapi produksi Jimny SJ413/Samurai masih dilanjutkan di negara negara lain, bahkan kadang di beberapa negara di rebadge menggunakan merk lain, seperti Chevrolet Samurai (Amerika Latin), Maruty Gypsy (India),dan Holden Drover (Australia) ..

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s