Sejarah Suzuki Jimny Part VII : Jimny JB23/JB33/JB43/JB53 ( Generasi ke 3 )

Dear Pembaca Semua, Pada tahun 1997 akhirnya Suzuki mengeluarkan Jimny Terbarunya (JB Series), bertepatan dengan Tokyo Motor Show 1997.. Jimny baru ini mengalami perubahan sangat revolusioner dari generasi jimny kedua ( Sj Series), beberapa perubahan sangat fundamental seperti desain body yang lebih modern, tetapi tetap mempertahankan chasis ladder frame dan transfercase dual ratio ..

Nama Suzuki Jimny Generasi ketiga dibedakan berdasar jenis mesin yang diapakai, diantaranya adalah Jimny JB23  (mesin 658cc K6A I3 ), Jimny JB33 (mesin 1.298cc G13BB I4 ), Jimny JB43 (mesin 1.328 cc M13A I4) , dan Jimny 53 (Mesin Diesel 1.461cc K9K TD I4 ).. dengan pilihan transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed..

Jimny JB23

Untuk Pasar Domestik Jepang, Jimny terbaru ini menyandanang nama Jimny JB23,  dengan mesin bensin K6A, 3 silinder inline, 12 valve,  DOHC, Electronic Fuel Injection Multi Point, Turbo Intercooler.. wel meskipun hanya 660 cc, mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 66 hp @6500 rpm dan torsi maksimal 103 nm @3500 rpm, sangat bertenaga unutk mesin sekecil ini 😀 . Jimny JB23 juga sedikit terlihat lebih ramping dari Jimny JB43/JB53, hal ini dikarenakan Dimesi JB23 masih terkena limitasi Kei Car.

Selain Jimny JB23 , terdapat Juga Jimny JB33 yang menggunakan mesin G13BB , mesin ini adalah mesin bensin naturally aspirated andalan Suzuki, selain digunakan di Jimny JB33, mesin ini juga digunakan oleh Jimny JB32 .. mesin G13BB merupakan hasil pengempabngan dari mesin G13BA, s 4 silinder, 16 valve berkapasitas 1300 cc, mesin G13BB sudah dilengkapi dengan Sistem Injeksi Multi Point sehingga mampu mengeluarkan tenaga maksimal 80hp dan torsi maksimal 110 nm ..

Pada tahun 2000, Suzuki Jimny kembali mendapat mesin baru berkode M13, 4 silinder inline, 16 valve, VVT  dengan kapasitas 1300 cc, mesin ini mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar yaitu 85 hp @5500 rpm dan torsi maksimal 110 nm @4100 rpm .. menurut awb lebih dari cukup untuk menggendong Suzuki Jimny yang ringan 😆 ..

Menyusul pada tahun 2004 diperkenalkan Jimny JB53  turbodiesel, Jimny JB53 diproduksi oleh Santana Motor (Spanyol), dengan menggunakan mesin diesel Renault , yaitu Diesel  K9K  berkapsitas 1,461 cc  DDiS  .. Tenaga awalnya hanya  65 hp (48 kW) tetapi kemudian ditingkatkan menjadi 86 hp (64 kW) pada tahun 2005 .

Suzuki Jimny JB Series mempunyai sistem 4WD yang diperasikan menggunakan 3 tombol di dashboard ( 2WD, 4WD and 4WD-L).. berbeda dengan generasi sebelumnya yang masih memakai tuas .. perpindahan dari 2WD ke 4WD masih bisa dilakukan sembari berjalan, asalkan kecepatan masih dibawah 100 km/J, tetapi untuk berpindah ke 4WD-L harus dilakukan dalam keadaan berhenti ..

Untuk Trimnya, Jimny JB series terbagi menjadi dua , yaitu JX dan JLX

Fitur Trim JX
– CD Player
– 4 Sound System
– AC
– Jok Belakang bisa Dilipat rata lantai

Fitur Trim JX
– CD Player
– 4 Sound System
– AC
– Jok Belakang bisa Dilipat rata lantai
– Power Steering
– Immobilizer
– Central Lock
– Power Window
– Electric Mirror
– Roffrail

Pada tahun 2005 trim JLX dihilangkan dan diganti dengan Sierra

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s