Sobat Jipmania, sebetulnya bisa dibilang Suzuki Katana merupakan Downgrade dari Suzuki Jimny, walaupun bentuk dan modelnya sama tetapi Suzuki Katana kehilangan fitur 4WD yang ada pada Suzuki Jimny, tapi hal ini dimaklumi mengingat pada era 80 -90 an pemerintah menerapkan pajak yang lebih tinggi pada mobil mobil dengan penggerak 4WD, akhirnya dimunculkanlah Suzuki Katana dengan penggerak 2WD .

Suzuki Katana generasi pertama diluncurkan oleh Indomobil pada  tahun 1984, dengan spesifikasi body, interior dan mesin yang plek dengan Suzuki Super Jimny, ciri Suzuki Katana generasi pertama ini adalah atap trepes, lampu depan bundar,  transmisi 4 speed, dan belum ada tachometer di dashboard. Untuk urusan mesin juga masih mengandalkan tipe F10A , yang bertenaga  maksimal 45 hp @5500 rpm dan torsi maksimal 73,5 nm @3000 rpm.

Suzuki Katana generasi kedua kemudian baru muncul pada tahun 1989, pada generasi ini Suzuki Katana mendapat beberapa pembaharuan, seperti lampu depan yang awalnya bulat menjadi kotak, penambahan tachometer ,  dan penggunaan transmisi manual 5 percepatan. Suzuki Katana generasi ini kemudian lebih dikenal dengan generasi Blitz

Image result for brosur katana blitz

Suzuki Katana generasi kedua ini terbagi menjadi 4 trims yaitu :

Katana DX (Non AC, Non PS)

Katana DX Blitz  (Non AC, Non PS, Soft Suspension)

Katana GX ( AC , PS )

Katana GX Blitz (AC, PS, Soft Suspension )

Sementara untuk wheelbasenya tersedia dalam dua pilihan yaitu :

Short Whellbase

Long Weelbase

Image result for brosur katana blitz

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Khusus untuk Katana Blitz sudah dilengkapi suspensi yang lebih lembut . Katana tipe Blitz ini hanya diroduksi hingga tahun 1992 saja.

Pada tahun 1992-1993 an kemudian muncullah Katana Generasi ketiga, ciri cirinya adalah atapnya tinggi dan kembali menggunakan lampu depan bulat, pada katana generasi terakhir ini hanya tersedia dalam dua tipe yaitu tipe DX dan GX

Katana DX ( Non AC, Non PS, Tidak Ada Tape, Jok Belakang Berhadapan )

Katana GX ( AC Denso, PS, Tape Kenwood, Jok Belakang Hadap Depan)

Katana generasi terkahir ini memmpunyai masa produksi cukup panjang, hingga tahun 2007 nan baru kemudian dihentikan produksinya,  meskipun mayoritas katana berversi 4×2 namun ada juga segelintir Suzuki Katana yang menggunakan versi 4×4, biasanya versi 4×4 ini adalah versi pesanan khusus.

Keunggulan Katana dibanding dengan jimny adalah Suzuki Katana tersedia dalam 3 model ( Short, Long, dan Pick Up), berbeda dengan Jimny yang hanya tersedia dalam model short saja. Bagi pemilik Katana yang menginginkan mobilnya menjadi 4×4 juga mudah, karena basisnya sama dengan Jimny, ya tinggal pasang Transfercase dan gardan jimny, langsung jadi 4×4 😀 .

Kelebihan lain dari Suzuki Katana adalah kaki kakinya yang simple dan bandel, gimana ndak bandel lha wong semua maih pakai per daun 😆 , kebandelan kaki kaki ini kemudian berimbas pada bantingan yang keras 👿 . Katana juga memakai mesin F10A yang bisa dibialng mesin sejuta umat, karena dipakai oleh banyak produk Suzuki mulai dari Jimny, Forsa, Carry 1000, Hingga karimun. meskipun mesin ini agak underpowered, tetapi cukup bandel dan sparepartnya sangat mudah dicari, hal ini tentunya sangat memudahkan perawatan mobil ini.

dengan segala kelebihannya maka tak heran jika Harga Suzuki Katana manteng stabil, bahkan jika udah dirubah jadi 4×4 harganya bisa jadi gelap. karena sudah masuk kategori barang hobi 😆 .

Related image

Related image

Advertisements