Sobat Jipmania, sudah bukan rahasia lagi jika mobil mobil yang masuk Indonesia biasnya mendapat versi mesin terendah, dari produk sejenis yang beredar di luar negeri, tak terkecuali pada Daihatsu Taft, dimana Taft di Indonesia hanya mendapat mesin konvensional dengan tenaga paling kecil, padahal Taft di luar negeri banyak sudah menggunakan mesin yang jauh lebih bertenaga, mesin diesel standar untuk Taft di Indonesia adalah Daihatsu Diesel DL41/DL42 dengan tenaga maksimal 72 Hp dan torsi maksimal 170 nm
- diesel fuel engine with displacement: 2765 cm3 / 168.4 cui, advertised power:72 hp / 73 PS ( DIN ), torque: 170 Nm / 125 lb-ft
Seiring berjalannya waktu, kini mulai banyak pengguna Taft Diesel yang menginginkan mesin yang lebih bertenaga, sebetulnya banyak pilihan mesin yang bisa digunakan, tetapi kalau pengen ndak ribet tentunya mending pakai mesin Taft versi luar negeri, yang karena basisnya sama, tentu tidak perlu ribet masalah pemasangan, wel berikut Jipmania sampaikan beberapa mesin Taft di Luar Negeri (Rugger, Fourtrak) yang bisa digunakan untuk engine swap:
Mesin pertama yang menjadi pilihan adalah Mesin DL 62 Turbo, basisnya sama dengan mesin DL62 tetqapi sudah dilengkapi dengan Turbo, tenaganya bisa dilihat dibawah ini, well 98 ps yang berarti naik 28 ps dari DL42 non turbo yang beredar di Indonesia, torsinya juga 245 nm, naik 75 nm dari mesin lokal.. hmm gurih gurihh..
- diesel fuel engine with displacement: 2765 cm3 / 168.4 cui, advertised power: 72 kW / 97 hp / 98 PS ( DIN ), torque: 245 Nm / 181 lb-ft
Jika masih belum puas, bisa ganti dengan mesin DL62 Turbo Intercooler, dengan penambahan intercooler mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 102 ps, bahkan unutk versi JDM mesin ini mempunyai rate tenaga hingga 115 ps, well naik 45 ps dibanding dengan mesin DL non turbo, sedangkan untuk torsi naik 79 nm menjadi 249 nm
- diesel fuel engine with displacement: 2765 cm3 / 168.4 cui, advertised power: 75 kW / 101 hp / 102 PS ( DIN ), torque: 249 Nm / 184 lb-ft
- diesel fuel engine with displacement: 2765 cm3 / 168.4 cui, advertised power: 115 PS ( DIN ), torque: 255 Nm (JDM Only )
Mesin mesin tersebut sudah banyak tersedia di importir mesin baik eks Japan/Singapore, harganya juga bervariasi tapi setahu Jipmania berkisar mulai 20 -35 juta bergantung dengan kondisi mesin 😀
Bisakah Mesin DL62 Lokal Pasang Turbonya saja ? (pasang turbonya saja, tidak ganti mesin dl 62 turbo segeluntung)..
Mungkin banyak penggemar taft yang mempunyai pertanyaan diatas, dan jawabannya adalah Bisa , karena basis mesinnya sama, hanya saja perlu atur ulang kompresi agar tidak terlalu tinggi, supaya durabilitas mesin tetap terjaga.
Sebetulnya tidak harus mesin DL Series mau ganti mesin mesin dari merk lain juga bisa, seperti Toyota 2 LT, atau Isuzu 4JG, tetapi karena mesin tersebut tidak sebasis dengan mesin asli, tentunya perlu effort lebih dalam hal pemasangan dan penyetingan mesinnya 😀 .
Nanya type oki yg cucok buat mesin ini. Soalnya, dijaman ini mesin pakainya oli mineral, tp sdh turbo.
Mohon info sesepuh merek dan type oli mesin ini
LikeLike
Kalau saya buat turbo selama ini pakai TGMO 😅, kadang juga meditran SX, mesin taft cenderung bandel kok, asal volume olinya aman aja bakalan awet..
LikeLike