Land Rover Santana Ligero , Jeep Inggris Rasa Spanyol

Sejarah Land Rover Santana
Sobat Jipmania, didirikan pada tahun 1955 pada awalnya Santana hanyalah produsen alat pertanian di Spanyol, namun perusahaan ini kemudian bermaksud mengembangkan sayapnya untuk memproduksi mobil, Santana kemudian mengontak perusahaan Rover di Inggris untuk negosiasi mendapatkan lisensi. Setelah negosiasi cukup lama akhirnya didapatlah Lisensi ” Land Rover Series II” pada tahun 1956. Namun produksi Land Rover di Santana baru dimulai dua tahun kemudian.

Pada tahun 1958 “Land Rover Santana” mulai diproduksi di pabrik Santana yang berlokasi di Linares Aragon, produksi dilaksanakan dengan sistem CKD ( Complete Knock Down) , namun hanya part part penting saja yang diimpor dari Inggris, sedangkan sisanya dibuat di Spanyol dengan kandungan Lokal mencapai 75%.

Kelahiran Land Rover Ligero
Pada tahun 1969, Santana meluncurkan Land Rover Ligero (Light) yang di desain khusus untuk militer , pengembangan Land Rover Ligeri dilakukan secara parallel dengan Land Rover versi Militer Inggris. meskipun pada awalnya hanya khusus diproduksi untuk militer, Santana kemudian mengeluarkan juga  “Ligero” versi sipil.

Secara umum Land Rover Ligero dibangun menggunakan whellbase yang sama dengan Land Rover Series II yaitu wheelbase 88 Inch (Capacity 250 kg) dan whellbase 109-inch (Capacity 1 Ton ).  jika dibandingkan maka terlihat jika Land Rover Ligero mempunyai body yang lebih simpel, selain itu desain muka dan buritannya juga jauh berbeda dengan Land Rover asli Inggris, dimana Land Rover Ligero cenderung lebih mengkotak.

Untuk Sektor mesin, Land Rover Ligero dilengkapi dengan dua pilihan mesin turunan Land Rover, yang pertama adalah mesin bensin 4 silinder berkapasitas 2286 cc, dengan kompresi hanya 8,1 mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 51 kw @4000 rpm dan torsi maksimal 163 nm @1750 rpm.

Pilihan kedua adalah mesin diesel 4 silinder yang juga berkapasitas 2286 cc,  mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 45 kw @4000 rpm dan torsi maksimal 139 nm @1800 rpm.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s