Pilihan Mesin Diesel Populer Untuk Engine Swap Trooper

 

Related image

Sobat Jipmania, bisa dibilang Isuzu Trooper merupakan salah satu kendaraan 4×4 di masanya, dengan tagline “Tangguh Bagaikan Truk, Halus Bagaikan Sedan” , mimin tidak akan membahas lebih lanjut tentang sejarah mobil ini, karena sudah pernah mimin ulas pada artikel sebelumnya , bagi yang belum baca bisa klik link dibawah ini.

Sejarah Chevrolet Trooper di Indonesia 

Namun tak ada gading yang tak retak, meskipun dikenal nyman, tapi khusus varian Diesel banyak yang merasa mesin bawaan trooper kurang bertenaga, sebagai catatan Trooper yang beredar di Indonesia masih mengandalkan diesel konvensional lansiran isuzu berkode C233, mesin yang sama dengan Panther generasi awal,  di atas kertas mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 61 hp @4000 rpm, dan torsi maksimal 130 nm @2200 rpm.. nah bayangin aja tuh mesin  segitu kecil bawa si trooper yang berat kosongnya saja sudah sekitar 1,7 ton.

Kode Mesin: C223 Diesel – Indirect Injection

KOMUNITAS TROOPER INDONESIA masuk sini gan !!
Tahun Produksi: International (1981-1986), Indonesia (1984-1990), USA (1984-1986)
Jumlah silinder: 4 segaris
Diameter x Langkah (mm): 88 x 92
Volume mesin (cm3): 2,238
Rasio Kompresi: 21.0
Daya (kW, (HP)/(r/min): 45(61)/4,000RPM
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min): 130(13.3)/2,200RPM

Salah satu cara yang populer untuk menaikkan tenaga Trooper adalah engine swap,  engine swap dengan mesin standar pabrikan dianggap mempunyai durabilitas yang lebih baik, daripada mesin korekan .. Rata rata mesin yang digunakan untuk engine swap adalah mesin trooper versi luar negeri, nah biar lebih enak nih yuk kita bahas satu per satu 😀

A. C223-T (Turbocharged)
Mesin basisnya masih memakai seri C223 namun sudah ditambah dengan turbo Garret generasi awal (AirResearch). penambahan turbo membuat Mesin ini memiliki kemampuan dan torsi yang lebih baik dari tipe non-turbonya, dimana tenaga mesin naik menjadi 71 hp ( 61 hp untuk versi non turbo), sedangkan torsinya ikut terkerek menjadi 170 nm (130 nm untuk versi non turbo), namun mesin ini memiliki sensitifitas yang lebih tinggi terhadap sistem pendinginan, sehingga radiator yang digunakan adalah type triple core.

Kode Mesin: C223-T (Turbocharged) – Indirect Injection
Tahun Produksi: International (1984-1987), USA (1984-1986)
Jumlah silinder: 4 segaris
Diameter x Langkah (mm): 88 x 92
Volume mesin (cm3): 2,238
Rasio Kompresi: 21.0
Daya (kW, (HP)/(r/min): 53(71)/4,000RPM
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min): 170(17.3)/2,200RPM

B. 4JB1-T
Pilihan kedua adalah mesin berkode 4JB1-T , yang merupakan mesin untuk Trooper generasi kedua di luar negeri, di Indonesia versi non turbo dari mesin ini banyak oleh Isuzu ELF, mesin 4JB1T ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 82 hp, dan torsi maksimal hingga 230 nm .

4JB1-T
Kode Mesin: 4JB1-T Turbocharged
Tahun Produksi: International (1987-1991)
Jumlah silinder: 4 segaris Direct Injection
Diameter x Langkah (mm): 93 x 102
Volume mesin (cm3): 2,771
Rasio Kompresi: –
Daya (kW, (HP)/(r/min):Non Intercooler 82(110)/3,600RPM, Intercooler: 86(115)/3,600RPM
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min): Non Intercooler 230(23.5)/2,000RPM, Intercooler: 240(24.5)/2,000RPM

Image result for isuzu 4jb1 t bighorn

C. 4JG2-T
Pilihan ketiga adalah mesin diesel berkode 4JG2, mesin ini merupakan mesin penerus dari 4JB1-T, mesin ini terus dipakai oleh Trooper di Philipina bahkan hingga tahun 2005, jika dibandingkan mesin C233 tenaganya naik sekitar 50% dari 61 hp ke 92 hp, sedangkan unturk torsi naik 100% lebih dari 130 nm menjadi 275 nm. syedaap tenaganya.

Kode Mesin: 4JG2-T
Tahun Produksi: Internasional (1991-1996)
Jumlah silinder: 4 segaris Indirect Injection Turbocharged
Diameter x Langkah (mm): 95.4 x 107
Volume mesin (cm3): 3,059
Rasio Kompresi: 20
Daya (kW, (HP)/(r/min): 92(124)/3,600RPM
Torsi (N-m, (kg-m)/(r/min): 275(28)/2,000RPM

Related image

Demikian pembaca semua, beberaoa pilihan mesin untuk swap trooper anda, thanks for reading and see you next time .

 

source : kaskus, trooper indonesia,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s