Restorasi Daihatsu Taft Kebo Part I ( Rem, Shockbreaker , General Tune Up)

image

Sobat jipmania, sudah sejak lama mimin memimpikan mempunyai taft Kebo model ini, tapi apa daya karena memang belum mampu menebusnya, selama ini cukup ditautkan dalam doa 😀 .. namun tak disangka tiba tiba ada salah satu teman kuliah mimin yang titip Taft kebonya kepada mimin untuk direstorasi, maka si Kebo pun sementara menjadi anak asuh mimin sampai restorasi selesai, ibarat kata meski belum bisa memiliki yang penting sudah pernah mencicipi heheha ..

Restorasi pertama dimulai dari kaki kaki yang mencakup pengereman dan per.. karena memang kaki si kebo pincang, setiap di rem setirnya mbanting ke kiri , awalnya mimin masih maklum namanya juga mobil tua, tapi lama lama ngeri juga makainya, selain itu rem juga bagel keras, jadi perlu sekuat tenaga kalau pas nginjak rem.

Pas ada waktu senggang, mimin bawa ke bengkel langganan Kondang Jaya Motor dekat Fly Over Janti jogja, masuk bengkel paling pagi karena mimin paham bakal butuh waktu lama kalau bongkar – bongkar rem.

image

Langkah pertama adalah si kebo dijajal oleh supervisor bengkel, kemudian semua ban dicopot , sedangkan si kebo di gantung jack stand untuk pengecekan lebih lanjut, teromolnya juga dicopot sehingga bisa terlihat kondisi piston dan kampas rem nya.

Hasil pengecekan cukup bikin geleng geleng kepala, ternyata master rem depan jebol semua baik sil maupun pistonnya, mau nggak mau ya harus ganti, saking parahnya sampai kampas rem basah kuyup sama minyak rem, beruntung rem belakang cukup ganti sil master saja kata mekanik. Pantes aja si kebo kalo di rem senin kamis berhentinya, akhirnya semua master diganti, begitu juga dengan kampas rem yang sudah tidak layak.

Selain memperbaiki rem si Kebo juga dilakukan general tune up , dimana semua pelumasnya diganti ( Oli Mesin, Oli Gardan Depan Belakang, Oli Transmisi, Oli Transfercase), begitupula dengan Filter – Filternya (Filter Oli, Filter Solar).. tak ketinggalan water separator dibersihkan sekalian.

Setelah semua selesai, si kebo pun sudah normal remnya, tidak mbanting kanan / kiri.. suara mesin juga sudah lebih halus dari sebelumnya 😀 ..

Untuk sektor per, awb bawa ke bengkel per JSP di ringroad timur Jogja, dan baru ketahuan kalau shock depan patah, akhirnya dilakukan general repair, meliputi penggantian bushing arm, shackle, roll per daun.. tak lupa shock depan yang patah diganti sekalian 1 pasang.. total jenderal untuk per habis 1,2 juta ..

” Update”
masalah rem keras dan bagel sudah teratasi dengan pemasangan boster Rem yang dilakukan di bengkel terpisah, merk yang digunakan adalah Van Booster (made in Taiwan) seharga 650 rb.

Kini remnya sudah empuk seperti mobil baru 😁😁

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s