Suzuki Jimny Long Wheel Base (LWB) , More Space More Comfort

Sobat Jipmania, di antara sekian banyak varian Jimny yang beredar, varian LWB merupakan salah satu varian favorite bagi pengguna Jimny, dimensinya yang lebih panjang membuat Jimny LWB lebih ramah keluarga dan mempunyai kapasitas angkut lebih banyak dibanding versi standar swb

Jika dirunut sejarahnya sebetulnya Jimny LWB sudah ada sejak era Jimny LJ80 series, ketika itu Suzuki mengeluarkan Varian Jimny LJ81K, Jimny Pick Up yang mempunyai wheelbase lebih panjang dibanding LJ80 series lainnya, sebagai perbandingan Suzuki Jimny LJ81K LWB memiliki wheelbase 2200 mm sedangkan Suzuki Jimny LJ80 1930 mm, beda 270 mm.. Untuk panjang total kendaraannya Suzuki Jimny LJ81K LWB itu 3635 mm sedang Suzuki Jimny LJ80 biasa hanya 3275 mm

Ketika tahun 1980an Jimny Gen II diluncurkan (Jimny SJ Series), ikut diperkenalkan juga versi panjang dari SJ40 yaitu SJ40T (JDM), khusus untuk pasar Jepang semua versi LWB ditawarkan dalam bentuk bak terbuka yang terpisah dengan kabinnya dengan bak berpintu three way ataupun flat deck.

Hasil gambar untuk sj 40t

Hasil gambar untuk sj 40t

Tak hanya di Jepang, tapi Jimny LWB juga dipasarkan di luar Jepang, Suzuki Jimny LWB kemudian dipasarkan di seluruh dunia dengan berbagai sebutan seperti Maruti Gypsy (India), Santana LWB (spanyol dan sebagian negara Eropa), Jimny LWB ataupun Caribian (Indonesia dan Thailand). modelnya pun juga lebih beragam, dari pick up, soft top, double cabin, dan hardtop..

Jimny LWB mempunyai wheelbase 2.375 mm sedang Suzuki Jimny SJ410 2.030 mm, beda 345 mm. sedangakn untuk total panjangnya Suzuki Jimny SJ410 LWB itu 3.890 mm sedang Suzuki Jimny SJ410 SWB hanya 3.785 mm

Sejarah Suzuki Jimny LWB di Indonesia

Suzuki Jimny SJ410 Long Wheel Base pertama kali masuk ke Indonesia pada 1984 untuk mendukung program Kendaraan Bermotor Nasional Serbaguna (KBNS), ketika itu Suzuki Jimny LWB ini masuk ke Indonesia hanya dalam wujud kendaraan chasis yang diperuntukkan bagi industri karoseri, kebanyakan Jimny LWB yang dirakit di Indonesia kemudian diberi nama Katana dan berpenggerak 4×2, beberapa varian dari Jimny LWB di Indonesia adalah sebagai berikut :

Katana BRI (Adiputro)
Suzuki Katana BRI merupakan varian Jimny LWB jahitan karoseri Adiputro Malang, Sejak diluncurkan tahun 1987 Katana BRI banyak di pakai oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai kendaraan operasional untuk melayani nasabah di daerah terpencil.

Hasil gambar untuk katana bri

Katana Corsica (Alexander)
Katana Corsica adalah varian Suzuki Katana yang dibuat oleh perusahaan karoseri Alexander. Buat yang belum tau, Alexander ini sudah seperti karoseri “spesialis” Suzuki dari jaman Suzuki Carry. Katana Corsica sasis panjang 5 pintu Ciri khususnya ada pada bagian belakang yang dibuat bertumpuk. Untuk varian sasis panjang 5 pintu, pintu penumpang samping belakang memakai jendela model naik turun dengan bukaan engkol.

Hasil gambar untuk jimny corsica long dijual

Katana Country
Mungkin inilah Suzuki Katana yang paling beda dari beberapa karoseri Katana diatas. Bagian lampu belakangnya tidak berada dibumper seperti Katana lainnya melainkan berada di sisi kanan dan kiri pintu belakang. Posisi lampu belakangnya ini vertikal dengan bentuk persegi panjang lebar. Katana Country ini juga tersedia dalam pilihan sasis pendek dan sasis panjang walau keduanya sama-sama hanya memiliki 3 pintu.

Hasil gambar untuk katana country long

Meskipun kini sudah muncul Jimny generasi ke empat, tapi Suzuki Jimny SJ LWB masih terus diproduksi oleh Maruti Suzuki India, bahkan direbadge menjadi Suzuki Jimny Farmworker oleh Suzuki Selandia Baru..

source : mobilmotorlama.com , modifikasi.com , jip.gridoto.com, kaskus.co.id

Advertisements

One comment

  1. I see you don’t monetize your website, don’t waste your traffic, you can earn extra bucks
    every month. You can use the best adsense alternative for any type of website (they approve
    all websites), for more info simply search in gooogle: boorfe’s tips
    monetize your website

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s