Sobat jipmania, ngomongin kendaraan 4wd, tentunya tidak akan lepas dari perangkat yang satu ini, yap dialah “transfercase” , bagian yang bertanggung jawab untuk membagi dan menyalurkan putaran mesin, dari transmisi mesin ke roda depan/roda belakang, biasanya transfercase merupakan unit yang terpisah dari transmisi utama, namun kadang ada uga yang menjadi satu dengan transmisi utama. untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini :
Pada kendaraan 4×4 umumnya transfercase memepunyai 3 piihan gerak roda , yaitu gerak dua roda (2WD), 4H (4WD High), dan 4L (4WD Low)
2H (2WD High Range) berarti mobil dalam mode gerak 2 roda atau yang bergerak adalah roda belakang saja.
4H (4WD High Range) berarti mobil dalam mode berpenggerak 4 roda alias semua roda bisa bergerak, Fungsi 4H digunakan apabila situasi jalan dalam keadaan licin, baru hujan atau habis hujan
4L (4WD Low Range) itu sama dengan 4H, tapi bedanya perbandingan rasio gigi 4L lebih rendah dibanding 4H, 4L berguna untuk melewati jalan berlumpur, tanjakan curam atau trek berbatu
Pingback: Berkenalan Dengan Force Motor Gurkha , Mercy G Class Ala India | JIPMANIA