
jipmania.id – Renault bisa jadi merupakan merk yang cukup asing bagi penggemar kendaraan 4WD di Indonesia, maklum pabrikan mobil asal prancis ini memang populasinya sedikit disini, padahal sebetulnya Renault punya varian kendaraan 4WD yang harganya cukup terjangkau di Indonesia yaitu renault Duster 4×4, fyi mobil ini sudah dipasarkan sejak tahun 2015 lalu, dan hingga saat ini bisa dibilang Renault Duster 4×4 merupakan satu satunya pemain di kelas small SUV yang menawarkan penggerak empat roda dengan mengusung mesin diesel
Di balik bonnet lebar Duster 4X4 terpasang mesin diesel yang tergolong mungil, tipe 9K 1,5liter (1.461cc) 4-silinder segaris direct common-rail injection plus turbocharger variable geometri. Output dayanya tak bisa dianggap remeh : 110PS (108hp) pada 4.000rpm dan torsi maksimal 240Nm yang dituai pada putaran mesin 1.750 rpm lebih besar sekitar 25hp dan 40Nm dari performa mesin Duster varian 4×2. Tenaga dari mesin kemudian didalurkan ke roda via transmisi manual 6 speed.
Pada dasarnya sistem penggerak 4-roda Duster 4X4 adalah tipe all-wheel drive (AWD) alias bukan penggerak 4-roda sejati yang dilengkapi transfer case dengan low range ratio (4L atau mode gerak 4-roda low). Uniknya, tak seperti kebanyakan mobil dengan penggerak roda AWD model permanen, Duster 4X4 justru mengaplikasi model AWD part-time. Terdapat 3 pilihan moda dalam sistem penggerak-roda Duster 4X4, yaitu 2WD (FWD), AUTO mode 4WD, dan 4WD-Locker (permanen), yang dioperasikan melalui knob putar di konsol tengah.
Demi menyesuaikan pada lintasan off-road, Duster 4×4 punya ground clearance 210mm, approach angle (depan ) 30 derajat, departure angle (belakang) 35 derajat. Dimensi tersebut disebut-sebut mampu aman melintasi genangan air setinggi 400m, sebagai model yang kental dengan kemampuan off-road, Duster 4×4 juga dilengkapi perlengkapan keamanan seperti kantung udara untuk pengemudi, ABS, EBD, dan BA
MESIN & TRANSMISI | Diesel 85 PS RxE | Diesel 85 PS RxL |
Engine Code | 1.5 dCi K9KHP | 1.5 dCi K9KHP |
Displacement (cc) | 1.461 | 1.461 |
Konfigurasi | 4-silinder segaris | 4-silinder segaris |
Power maksimal | 110PS/108hp @ 4.000 rpm | 110PS/108hp @ 4.000 rpm |
Torsi maksimal | 240Nm @ 1.750rpm | 240Nm @ 1.750rpm |
Sistem pasokan bahan bakar | Common Rail Direct Injection (dCi) | Common rail direct injection (dCi) |
Tipe Transmisi | Manual, 6-speed | Manual 6-speed |
DIMENSI & KAPASITAS | ||
Panjang (mm) | 4.315 | 4.315 |
Lebar (mm) | 1.822 | 1.822 |
Tinggi – dengan Roof Rail (mm) | 1.695 | 1.695 |
Wheelbase (mm) | 2.673 | 2.673 |
Track depan (mm) | 1.560 | 1.560 |
Track belakang (mm) | 1567 | 1.567 |
Ground Clearance (mm) | 205 | 205 |
Radius putar minimum (m) | 5,2 | 5,2 |
Kapasitas bagasi (Liter) | 475 & 1.064 (jika bangku belakang dilipat) | 475 & 1064 (jika bangku belakang dilipat) |
Kapasitas tangki | 50 | 50 |
Bobot bersih (kg) | 1.758 | 1.758 |
REM | ||
Tipe | Hydraulically Operated Diagonal Split Dual Circuit Braking | Hydraulically operated Diagonal Split dual circuit braking |
Depan | Ventilated Disc | Ventilated Disc |
Belakang | Tromol | Tromol |
SUSPENSI | ||
Depan | Independent McPherson Strut with coil springs & anti-roll bar | Independent McPherson Strut with coil springs & anti-roll bar |
Belakang | Torsion beam axle with coil springs & anti-roll bar | Torsion beam axle with coil springs & anti-roll bar |
KEMUDI | ||
Tipe | Electro Hydraulic Power Assisted | Electro Hydraulic Power assisted |
VELG & BAN | ||
Ban | 215/65 R16 Tubeless | 215/65 R16 Tubeless |
Velg | 16inci, besi | 16inci, alloy |