Renault Duster , Invasi Mobil Prancis di Segmen Light 4WD

jipmania.id – Renault bisa jadi merupakan merk yang cukup asing bagi penggemar kendaraan 4WD di Indonesia, maklum pabrikan mobil asal prancis ini memang populasinya sedikit disini, padahal sebetulnya Renault punya varian kendaraan 4WD yang harganya cukup terjangkau di Indonesia yaitu renault Duster 4×4, fyi mobil ini sudah dipasarkan sejak tahun 2015 lalu, dan hingga saat ini bisa dibilang Renault Duster 4×4 merupakan satu satunya pemain di kelas small SUV yang menawarkan penggerak empat roda dengan mengusung mesin diesel

Di balik bonnet lebar Duster 4X4 terpasang mesin diesel yang tergolong mungil, tipe 9K 1,5liter (1.461cc) 4-silinder segaris direct common-rail injection plus turbocharger variable geometri. Output dayanya tak bisa dianggap remeh : 110PS (108hp) pada 4.000rpm dan torsi maksimal 240Nm yang dituai pada putaran mesin 1.750 rpm lebih besar sekitar 25hp dan 40Nm dari performa mesin Duster varian 4×2. Tenaga dari mesin kemudian didalurkan ke roda via transmisi manual 6 speed.

Pada dasarnya sistem penggerak 4-roda Duster 4X4 adalah tipe all-wheel drive (AWD) alias bukan penggerak 4-roda sejati yang dilengkapi transfer case dengan low range ratio (4L atau mode gerak 4-roda low). Uniknya, tak seperti kebanyakan mobil dengan penggerak roda AWD model permanen, Duster 4X4 justru mengaplikasi model AWD part-time. Terdapat 3 pilihan moda dalam sistem penggerak-roda Duster 4X4, yaitu 2WD (FWD), AUTO mode 4WD, dan 4WD-Locker (permanen), yang dioperasikan melalui knob putar di konsol tengah.

Demi menyesuaikan pada lintasan off-road, Duster 4×4 punya ground clearance 210mm, approach angle (depan ) 30 derajat, departure angle (belakang) 35 derajat. Dimensi tersebut disebut-sebut mampu aman melintasi genangan air setinggi 400m, sebagai model yang kental dengan kemampuan off-road, Duster 4×4 juga dilengkapi perlengkapan keamanan seperti kantung udara untuk pengemudi, ABS, EBD, dan BA

MESIN & TRANSMISIDiesel 85 PS RxEDiesel 85 PS RxL
Engine Code1.5 dCi K9KHP1.5 dCi K9KHP
Displacement (cc)1.4611.461
Konfigurasi4-silinder segaris4-silinder segaris
Power maksimal110PS/108hp @ 4.000 rpm110PS/108hp @ 4.000 rpm
Torsi maksimal240Nm @ 1.750rpm240Nm @ 1.750rpm
Sistem pasokan bahan bakarCommon Rail Direct Injection (dCi)Common rail direct injection (dCi)
Tipe TransmisiManual, 6-speedManual 6-speed
DIMENSI & KAPASITAS  
Panjang (mm)4.3154.315
Lebar (mm)1.8221.822
Tinggi – dengan Roof Rail (mm)1.6951.695
Wheelbase (mm)2.6732.673
Track depan (mm)1.5601.560
Track belakang (mm)15671.567
Ground Clearance (mm)205205
Radius putar minimum (m)5,25,2
Kapasitas bagasi (Liter)475 & 1.064 (jika bangku belakang dilipat)475 & 1064 (jika bangku belakang dilipat)
Kapasitas tangki5050
Bobot bersih (kg)1.7581.758
REM  
TipeHydraulically Operated Diagonal Split Dual Circuit BrakingHydraulically operated Diagonal Split dual circuit braking
DepanVentilated DiscVentilated Disc
BelakangTromolTromol
SUSPENSI  
DepanIndependent McPherson Strut with coil springs & anti-roll barIndependent McPherson Strut with coil springs & anti-roll bar
BelakangTorsion beam axle with coil springs & anti-roll barTorsion beam axle with coil springs & anti-roll bar
KEMUDI  
TipeElectro Hydraulic Power AssistedElectro Hydraulic Power assisted
VELG & BAN  
Ban215/65 R16 Tubeless215/65 R16 Tubeless
Velg16inci, besi16inci, alloy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s