
jipmania.id – Sobat jipmania, untuk urusan modifikasi offroad nampaknya kita harus angkat topi kepada benua tetangga “Australia” karena disana banyak modifikator offroad dan juga produsen perangkat offroad yang kesohor saentero dunia, bisa dimaklumi mengingat alam Australia yang keras sehingga membutuhkan kendaraan tangguh untuk melibasnya, selain alam yang keras nampaknya memang offroad seakan sudah menjadi hobby bagi banyak penduduk benua kangguru tersebut.
Salah satu modifikasi yang akan kita bahas adalah konversi dari kendaraan 4×4 menjadi 6×6, mungkin di Indonesia masih belum banyak tetapi di Australia hal ini sudah jamak dilakukan. Sebetulnya ada banyak modifikator yang memproduksi kit konversi 6×6 di Australia, seperti Multidrive, JMACK, 6x6wheel dll, Tapi kali ini kita akan membahas Multidrive terlebih dahulu.
Multidrive sudah mulai mengkonversi kendaraan menjadi 6×6 sejak tahun 80an. Dan selama bertahun tahun memodifikasi banyak kendaraan dengan merk dan type berbeda, Namun saat ini Multidrive lebih banyak berkonsentrasi pada konvdrsi Toyota Landcruiser 70 series (dan juga Hilux ). untuk konversi ini Multidrive sudah menyediakan part part pendukungnya myulai dari Frame, Suspensi, hingga Transfrecase tambahan.
Frame
pada konversi 4×4 menjadi 6×6 atau 6×4 chasis bagian belakang digantikan dengan chasis custom, yang dimulai dari bagian belakang cabin kemudian lurus memanjang ke belakang, tidak hanya diperpanjang tapi chasis juga di reinforce pada setengah bagian chasisnya, tersedia
Suspension
Suspensi belakang pada kedua gardan belakang dihubungkan ke pivoting beam agar kedua gardan bisa berbagi beban, per daun pada gardan ketiga dipasang pada track yang lebih sempit, untuk memberi ruang per daun dari gardan kedua,
Axles and 6×6 drive
Sebagai penggerak kedua gardan belakang, konversi 6×6 dari multidrive dibekali dengan transfercase tambahan yang bisa menggerakan dua gardan di belakangnya secara simultan menggeunakan dua kopel. untuk keperluan offroad transfercase tambahan ini juga sudah menggunakan detroit locker untuk mengunci gerak dua gardan secara permanen,
