Sobat jipmania, Siapa yang tak kenal dengan Toyota Kijang, mobil keluarga legendaris lansiran Toyota ini bahkan bisa disebut sebagai mobil sejuta umat pertama di Indonesia, tak hanya di Indonesia saja namun ternyata Kijang juga diproduksi di berbagai negara dengan nama yang berbeda.
Toyota Condor sendiri merupakan MPV yabg berbasis dari Toyota Kijang LWB (LGX Series), Toyota Condor diproduksi oleh Toyota Afrika Selatan untuk memenuhi pasar MPV Afrika, nah istimewanya nih Toyota Condor mempunyai ada Varian 4×4 nya dan juga dibekali mesin yang lebih bertenaga daripada versi Indonesia.
Toyota Condor 2400i TX 4×4
Toyota Condor 2400i merupakan trim tertinggi dari seluruh varian Condor mesin bensin yang beredar. Condor 2400i 4×4 TX ditenagai oleh mesin bensin 2RZ-E naturally-aspirated In-line 4 silinder, dengan kubikasi 2400 cc mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 115 PS (113 bhp – 85 kW) at 4800 rpm sementara torsi maksimalnya 195.0 Nm (143 lb.ft) at 4800 rpm.
Tenaga dari mesin kemudian ditransmisikan ke roda via gearbox manual 5 percepatan yang dipadukan dengan sistem penggerak all wheel drive (AWD)
Toyota Condor 3000 D TX 4WD
Selain versi bensin, Condor 4×4 juga tersedia dalam versi diesel bernama Condor 3000D 4×4 TX , menggunakan mesin diesel a naturally-aspirated berkode 5L, konfigurasi mesin ini adalah In-line 4 cylinder dengan kubikasi mesin 2986cc , mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 89 PS (88 bhp – 65 kW) at 4000 rpmdan torsi maksimal 192.0 Nm (141 lb.ft) at 4000 rpm. sama dengan versi bensin Tenaga dari mesin kemudian ditransmisikan ke roda via gearbox manual 5 percepatan yang dipadukan dengan sistem penggerak all wheel drive (AWD)
Untuk interiornya bisa dibilang sama persis dengan kijang kapsul yang beredar di Indonesia, hanya sja ada satu tambahan tuas di belakang tuas perneling, fungsi dari tuas ini adalah unutk mengatur sistem 4×4 dari kijang Condor
Urusan suspensi juga tak ada bedannya dengan Torsion bar Double wishbones di bagian depan dan per daun di bagian belakang, Sementara untuk pengereman menggunakan rem cakram di depan dan teromol di belakang,
Oh ya bisa dibilang sistem 4×4 milik Toyota Condor cukup istimewa, karena sudah menganut full-time four-wheel-drive system, dan sudah dilengkapi dengan centre differential lock dan low range transfer gearbox. approach angle dari kijang condor adalah 37 derajat dan departure angle 30 derajat.
Sistem 4×4 Kijang condor dilengkapi dengan two-speed transfer case. dimana centre differential locks otomatis aktif ketika low range ratio dipilih .
Nah bagi sobat jipmania semua yang pengen merubah kijangnya jadi 4×4, maka kendaraan ini merupakan pilihan yang tepat buat dijadika donor, karena masih satu basis tentunya pemasangan sistem 4×4 nya akan lebih mudah, well silahkan berburu di junkyard terdekat 😀 .
tinggal impor dari south afrika . kl tdk salah di indonesia toyota condor/ kijang 4×4 3.0 ada unit di sini
LikeLike
tapi jarang jarang kan ya, saya belum pernah nemui unit ini di Indonesia 😀
LikeLike