Pasang Alternator IC di Daihatsu Taft F50

Alternator Baru (kiri), alternator lama (kanan)

Sobat jipmania, yang namanya pelihara mobil tua memang kudu sabar, karena ada aja masalahnya, tak terkecuali pada si kebo, setelah kemarin beres masalah cat body, kini kelistrikan yang bermasalah karena selalu overvoltage, sudah distel ketotnya berkali – kali, tetep saja balik overvoltage lagi, mangkeli pokoknya kalau tidak ada beban overvoltage sampai 16 Volt, kalau ada beban seperti lampu utama dll, voltasenya kurang (dibawah standar) hanya sekitar 11.5 V.

Capek bolak balik tukang dinamo, akhirnya mimin putuskan ganti alternator asli dengan Alternator yang sudah pake ic sekalian, untuk alternatornya sendiri pesan custom di Acong Dynamo malang , dengan kapasitas 70 Ampere, lebih besar 25 ampere dari Alternator bawaan Taft yang hanya 45 Ampere.

Setelah menunggu sekitar seminggu, akhirnya Alternator pesanan pun datang, ngak pakai lama si kebo langsung mimin gelandang ke bengkel dinamo untuk pemasangan alternator baru tsb, setelah mimin perhatikan ternyata alternator baru ini mirip dengan alternator Mitsubishi L300.

Untuk pemasangannya sendiri tidak pnp, tapi jangan khawatir karena ternyata penjual alternator sudah menyertakan kitnya sehingga alternator bisa terpasang dengan manis pada Daihatsu Taft, kit tersebut mulai dari adapter host oli, selang oli hingga kabel dari alternator ke kelistrikan taft.

Satu satuya yang perlu dimodif adalah braket alternator yang perlu sedikit digerinda bagian pinggirnya, dan juga baut alternator yang tadinya satu kini dibuat menjadi dua baut, bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Braket Alternator yang digerinda(dalamkan sedikit)
Bentuk braket setelah digerinda
Pemasangan alternator di braket, pakai dua baut

Setelah alernator terpasang di dudukan, tinggal sambungkan saluran oli alternator lewat adapter oli yang sudah disediakan ke pembelian, hal itu berlaku juga pada perkabelan, cukup copot kabel yang dari ketot kemudian sambungkan kabel dari alternator baru .

kelar pemasangan saatnya dicoba, dan amazing voltasenya manteng di 14.8 Volt, ketika semua lampu dinyalakan juga cuman turun dikit ke 13.5 Volt 😀 .. joss lah pokoke

Manteng 14.8 Volt

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s